Psoriasis dan Pencegahannya

Apa itu psoriasis? Psoriasis merupakan sejenis penyakit kulit yang suka timbul tenggelam saat mulai menyerang si penderita, psoriasis belum ada obatnya yang bisa menyembuhkan atau secara total bisa sembuh. Psioriasis ini akan meninggalkan bekas, meskipun kita sudah terbebas dari segala gejala yang ditimbulkan penyakit ini.

Pemicu yang menyebabkan psiorasis adalah :

  1. Stress;
  2. Jarang mandi sehingga jamur berkembang di kulit;
  3. Terkena paparan sinar matahari langsung;
  4. Makan tidak teratur; dan
  5. Terlalu kelelahan karena aktifitas banyak.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Psoriasis

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Psoriasis

Psoriasis hanya menyerang untuk kulit yang sensitif. Selama seminggu psiorasis menyerang si penderita. Bentuk atau penampakan dari penyakit ini adalah kulit akan menjadi kemerahan seperti luka bakar. Sekujur tubuh bisa terkena psoriasis, dari mulai kaki sampai rambut. Psoriasis bisa sembuh sesaat dan beberapa minggu atau bulan akan muncul lagi. Psoriasis bisa di cegah supaya tidak terkena penyakit kulit yang satu ini, pencegahannya dengan cara :

  1. Jangan terlalu banyak masalah, hindari stress;
  2. Harus sering mandi, minimal sehari dua kali;
  3. Lindungi kulit jangan sampai terkena sinar matahari langsung;
  4. Pola makan harus teratur;
  5. Kurangi aktifitas;
  6. Positif thinking;
  7. Istirahat yang cukup;
  8. Hindari rokok;
  9. Jaga kesehatan diri, terutama kebersihan lingkungan hidup;
  10. Hindari minuman yang memabukkan; dan
  11. Kebersihan badan harus di jaga.

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang kalau terlalu lama di biarkan akan menimbulkan aroma bau amis, karena kulit akan seperti membusuk dan mengelupas. Kulit yang kemerahan ini akan nampak seperti sisik ular, kasar dan terlihat seperti akan menyebabkan pedih yang luar biasa. Psoriasis tidak menular, namun bagi pasangan yang pernah mempunyai teman hidup mengidap penyakit psiorasis ini, akan was-was juga, karena melihat kulit seperti itu apalagi sampai bau amis. Jadi ngeri juga. Adapun cara untuk menyembuhkan psoriasis secara langsung ke kulit ialah dengan cara sebagai berikut:

  1. Memakai lotion secara rutin pagi, siang, sore dan malam;
  2. Oleskan betadine ke kulit yang terkena psoriasis;
  3. Daun binahong bisa meringankan kulit psoriasis, karena daun ini mengandung antiseptik. Caranya adalah dengan cara di tumbuk atau blender daun binahong tersebut beberapa lembar dan oleskan saat malam hari mau tidur;
  4. Sering berwudu. Apabila psoriasis banyak tumbuh di tangan dan kaki, usap dengan air wudu. InsyaAllah akan bersih kulitnya, jauh terhindar dari penyakit kulit; dan
  5. Konsultasi dan gunakan dengan teratur obat yang diberikan oleh dokter mengenai penyakit yang Anda derita.

Psoriasis ini memerlukan suasana yang tenang, jauhi masalah yang menyebabkan stress, karena akan memicu timbulnya penyakit kulit ini. Kulit akan kelihatan memerah dan gatal, apabila sel pada kulit mengalami penghambatan lancarnya darah. Penderita psiorasis harus memiliki jiwa yang tenang dan tidak mudah emosi, karena akan memudahkan munculnya kulit yang lembab dan kemerahan karena dari fikiran yang tidak menjalur arahnya dan emosi yang tidak terarahkan, sehingga si penderita ini akan merasakan pusing dengan berbagai macam masalah yang dihadapinya. Ada ketergantungan dengan kejiwaan si penderita, karena dengan jiwanya yang labil dan selalu berfikiran buruk, akibat dan pengaruhnya dari sifat itu akan menderita psiorasis.

Jika Anda alergi kulit terhadap suatu makanan, maka penderita psoriasis juga harus menjaga pola makan dan memilih makanan yang tidak membuat Anda alergi. Oleh karena itu, silakan Anda baca artikel mengenai kesempurnaan makanan yang sudah saya posting juga sebelumnya disini. Sumber dari segala penyakit, salah satunya ada pada pola makan kita. Jadi silakan Anda perhatikan juga ya pola makan Anda.

Semoga Bermanfaat dan Terimakasih
— Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Psoriasis —

Tags: