Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Perhitungan Modal Budidaya Ikan Lele...

Perhitungan Modal Budidaya Ikan Lele

Cara Melakukan Perhitungan Modal Awal Budidaya Ikan Lele – Budidaya ikan lele memang mengasyikan, apalagi jika budidaya ikan lele  tersebut mampu memberikan keuntungan yang lebih besar dari pendapatan Anda setiap bulannya. Sebelumnya saya memposting mengenai kenapa harus berbudidaya ikan lele? Dan artikel ini adalah lanjutan dari seri sebelumnya, yaitu bagaimana cara menghitung modal awal budidaya ikan lele. Selamat membaca.

Budidaya ikan lele sampai saat ini masih menjadi bisnis budidaya ikan air tawar yang memiliki peluang cukup cerah, terutama pada sektor pembesaran ikan lele. Bagaimana tidak, ikan lele ini sering saya jumpai di warung-warung makanan dan menjadi salah satu ikan yang menjadi bahan konsumsi oleh masyarakat sehari-hari.

Coba Anda semua bayangkan bagaimana minat masyarakat terhadap ikan lele ini, hampir setiap restoran (baik restoran besar maupun restoran kecil pinggir jalan) menyediakan makanan dengan menu lele, apalagi restoran yang beroperasi dari sore hari sampai dengan malam hari.

Di kota besar sendiri (Tasikmalaya misalnya), permintaan pasar akan ikan lele ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi ikan lele di masyarakat. Ikan lele menjadi pilihan orang-orang sebagai lauk pauk atau pelengkap nasi, karena selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi dan harga ikan lele ini sangat terjangkau.

Cara Menghitung Modal Budidaya Ikan Lele

Cara Menghitung Modal Awal Budidaya Ikan Lele

Biaya operasional budidaya ikan lele ini ternyata lebih rendah lho jika dibandingkan dengan budidaya hewan lain, misalnya unggas. Jadi bisa dibilang kalau budidaya ikan lele ini merupakan salah satu alternatif yang cocok bagi mereka yang belum bekerja (pengangguran).

Binis budidaya ikan lele ini bisa kita kerjakan dengan menggunakan 3 jenis kolam, yaitu kolam beton, kolam tanah dan kolam terpal (yang paling murah, mudah dan mudah dipindah-pindah) serta kolam tong. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal dan ingin segera bebas dari status pengangguran, saya sarankan untuk berbudidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal dan disini saya akan sedikit memberikan analisa budidaya ikan lele di kolam terpal. Namun sebelum Anda benar-benar terjun ke bisnis budidaya ikan lele ini, ada hal yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah mencari ilmu atau banyak membaca tentang budidaya ikan lele atau jika Anda memiliki tabungan, Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan khusus budidaya ikan lele di kolam terpal yang diadakan oleh petani-petani ikan lele yang ada di daerah Anda.

Berikut ini akan saya paparkan sedikit informasi mengenai analisa usaha budidaya ikan lele di media kolam terpal yang saya ambil dari buku yang ditulis oleh Wildan Fatoni, terbitan tahun 2016, begini analisa yang saya peroleh:

  1. Modal atau investasi awal Rp. 950.000,-  dengan rincian sebagai berikut:
    1. 2 buah terpal seharga Rp. 600.000,-
    2. Bambu Rp. 300.000,-
    3. Paku Rp. 10.000,-
    4. Lain-Lain Rp. 40.000,-
  2. Biaya operasional bulanan Rp. 1.100.000,- dengan rincian sebagai berikut:
    1. Bibit ikan lele 2.000 ekor Rp. 500.000,-
    2. Pakan ikan lele Rp. 500.000,-
    3. Vitamin, obat, nutrisi lele dan lain-lain Rp. 100.000,-
  3. Asumsi pendapatan tiap bulan
    1. Apabila didapat panen lele seberat 500 kg dengan kematian ikan lele 10% dan harga ikan lele laku Rp. 10.000,- per kg, maka diperoleh angka Rp. 5.000.000,-
    2. Analisa keuntungan pendapatan dengan biaya operasional bulanan adalah sebagai berikut: Rp. 5.000.000 – Rp. 1.100.000 = Rp. 3.900.000,-

Sebagai catatan tambahan untuk Anda bahwa angka diatas didapat dari panen pertama, sedangkan untuk panen berikutnya keuntungan pasti lebih besar karena Anda tidak perlu membeli terpal, bambu, paku dan biaya lainnya untuk membuat kolam baru. Namun perlu Anda ingat juga bahwa harga jual ikan lele di tiap-tiap kota itu berbeda-beda, sehingga keuntungan yang diperoleh pun akan bervariasi. Perhitungan diatas pun tidak termasuk biaya sewa lahan, apabila Anda menggunakan lahan sewaan, maka keuntungan diatas tinggal dikurangi biaya sewa lahan tiap bulannya, untuk itu saya rekomendasikan untuk berbudidaya ikan lele dengan menggunakan lahan pribadi untuk menghemat modal awal. Dan ingat, perhitungan diatas adalah murni kerja keras sendiri, tanpa melibatkan tenaga orang lain atau karyawan.

Semoga Bermanfaat dan Terimakasih
— Modal Budidaya Ikan Lele Ga Nyampe 2 Juta Lho! —

Tags: