Penyakit Wasir

Penyakit Wasir – Sebenarnya penyakit wasir tidak masuk kedalam kategori suatu penyakit jika dilihat dari segi anatomi. Wasir merupakan suatu kondisi yang tandai adanya perubahan pada bantalan pembuluh darah yang terletak di anus (Cortus cavernosa resti) sehingga melebar dan pembuluh darah membengkak. Bantalan pembuluh darah adalah katup yang berfungsi untuk membatu otot-otot pada saat menahan feses.

Terdapat tiga pembuluh darah di sekitar anus, apabila salah satu terjadi gangguan pada aliran darahnya hal ini mengakibatkan adanya pelebaran dan membengkak. Kondisi seperti inilah yang dinamakan wasir.

Seseorang yang menderita wasir biasanya mengalami peradangan dan akhirnya akan membentuk darah beku atau trombus serta perdarahan sehingga ukurannya membesar kemudian wasir menonjol keluar. Ada dua kategori wasir, yaitu hemorroid internal (wasir dalam) dan hemorroid eksternal (wasir luar).

Gejala Penyakit Wasir

gambar ilustrasi penyakit wasir

Darah yang keluar dari anus baik dalam bentuk tetesan maupun mengalir, biasanya darah tersebut dalam kondisi masih segar. Namun, bagi penderita wasir tidak akan merasakan sakit.

Pada saat setelah buang air besar akan terasa seperti mengganjal sehingga terkesan belum selesai secara tuntas. Akibatnya akan didapat situasi mengejan lebih kuat dan hal inilah yang membuat keadaan ambeien menjadi lebih parah.

Virus yang menyerang pada bagian sekitar anus menyebabkan rasa gatal yang tidak bisa dibersihkan sehingga kulit mengalami infeksi.

Penderita wasir akan mengalami sakit dan tidak nyaman pada saat duduk dan juga buang air besar. Sedangkan untuk mereka yang mengalami penyakit wasir dengan tingkatan yang lebih parah akan sangat sulit untuk diobati bahkan jalan satu-satunya adalah melalui operasi yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Akan tetapi, efek yang ditimbulkan oleh tindakan operasi ini biasanya berdampak kurang baik. Maka dari itu penyakit wasir jangan dianggap remeh dan harus segera ditangani.

Faktor Penyebab Penyakit Wasir

Salah satu faktor seseorang terkena wasir adalah munculnya penyakit sembelit (konstipasi), feses yang mengeras akibat adanya sembelit membuat penderita mengalami kesulitan buang air besar dan harus mengejan lebih kuat lagi. Obesitas atau tingkat kegemukan, penuaan dini, gangguan diare, melakukan hubungan intim secara tidak wajar adalah beberapa faktor lainnya penyebab wasir.

Penyakit Wasir yang masih tergolong ke dalam tingkat rendah tentunya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, diantaranya adalah :

  • Mengkonsumsi air putih sekurangnya 8 gelas sehari atau 2 liter
  • Kandungan serat yang terkandung di dalam makanan sebaiknya konsumsi secara teratur
  • Olahraga secara rutin dan teratur
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol
  • Hindari merokok
  • Hindari penggunaan jenis obat-obatan seperti narkotika
  • Ketika di toilet untuk buang air besar, usahakan jangan berlama-lama
  • Hindari hubungan intim yang dilakukan secara tidak normal
  • Jangan sesekali menunda buang air kecil dan besar
  • Lakukan pola hidup sehat agar mendapat kesehatan yang lebih prima

Cara mengobati penyakit wasir memang dilihat dari seberapa parah yang dialami oleh si penderita. Untuk wasir yang masih rendah, bisa diobati dengan mengikuti tips pola hidup sehat yang dicantumkan di atas. Namun jika ambeien atau wasir sudah berada di tingkat paling parah, terpakasa harus dilakukan tindakan operasi dan mengkonsumsi jenis obat-obat tertentu.

Demikian informasi tentang penyakit wasir ini dapat kami sampaikan. Mohon maaf apabila dalam penulisan artikel ini masih terdapat banyak kesalahan. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya, diantaranya adalah manfaat buah naga untuk kesehatan yang bermanfaat untuk mencegah bahkan mungkin bisa mengobati penyakit wasir yang diderita oleh penderita.

Tag: Obat Wasir, Wasir dan Pengobatannya, Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Terimakasih & Semoga Bermanfaat
– Informasi Tentang Penyakit Wasir –

Tags: