Mengapa Harus Budidaya Ikan Lele? (Pembuka)

Kenapa Kita Harus Berbudidaya Ikan Lele? Kita tidak perlu meragukan lagi mengenai budidaya ikan lele karena ikan air tawar ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas sebagai ikan yang bisa dibudidaya di berbagai macam media pemeliharaan. Hebatnya lagi, ikan lele ini mampu bertahan di lingkungan air yang kurang baik. Bahkan ikan lele ini bisa hidup dan besar di air yang sangat kotor (misalkan comberan) atau air yang sudah terkontaminasi dengan limbah rumah tangga.

Meskipun begitu, kita harus tetap berbudidaya ikan lele dengan baik di tempat yang baik, di lingkungan yang baik dan di media yang baik pula. Media terbaik untuk lele adalah kolam ikan yang berkualitas dan memenuhi syarat hidup ikan lele. Bukan untuk mempermudah memelihara ikan lele saja, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ikan lele agar lebih sehat. Dengan demikian, ikan lele yang kita pelihara bisa kita panen dengan optimal, baik itu dari aspek cita dan rasa ikan lele, ukuran dan yang paling penting adalah aspek kebersihannya.

Budidaya Ikan Lele Zaman Now

kenapa harus budidaya ikan lele?

Apabila menggunakan sistem konvensional, ikan lele ini dapat dibesarkan di kolam tanah yang umumnya kita ketahui. Namun, apabila Anda memiliki dana lebih dan akan memelihara ikan lele lebih intensif, pemeliharaan ikan lele ini bisa dilakukan pada kolam tembok. Bahkan saat ini saya sering melihat pembesaran ikan lele di kolam terpal. Hal ini menjadi angin segar untuk Anda yang ingin memelihara ikan lele di lahan yang sempit dan minim air. Meskipun Anda tinggal di daerah padat penduduk, Anda masih bisa melakukan pembesaran ikan lele dengan menggunakan kolam terpal tersebut.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal di media pembesaran apapun yang Anda gunakan (kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal dan kolam tong), ada kiat-kiat khusus untuk berbudidaya ikan lele ini. Blog ini InsyaALLAH akan menuliskan informasi dan solusi mengenai budidaya ikan lele di berbagai media pembesaran. InsyaALLAH materi akan saya sampaikan secara singkat dan jelas agar mudah difahami oleh Anda semuanya bahkan oleh Anda (pemula) yang baru saja terjun ke bidang budidaya ikan lele ini. Blog ini akan menyusun informasi mengenai budidaya ikan lele berdasarkan hasil pengamatan penulis dari video-video yang bertebaran di youtube dan artikel-artikel yang penulis temukan di internet.

Saya mengucapkan beribu terimakasih kepada semuanya yang sedikitnya sudah meluangkan waktu untuk membantu saya dalam menyusun blog ini. Saya akui meskipun saya orangnya perfeksionis tapi saya juga manusia biasa yang pasti melakukan kesalahan, untuk itu mohon kritik dan saran dari Anda semuanya agar saya bisa menyajikan informasi lebih baik lagi kedepannya. Besar harapan saya blog ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat
— Budidaya Ikan Lele Masa Kini —

Tags: