Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Selada – Dikenal dengan nama latin lactuca sativa, jenis sayuran yang banyak mengandung khasiat ini termasuk ke dalam golongan keluarga Asteraceae. Memang selama ini sayuran selada menjadi bahan wajib sayuran salad karena memiliki tekstur yang lembut dan halus baik dikonsumsi secara mentah sekalipun. Anda dapat mengkonsumsi selada ini sebagai lalapan sambal, salad atau hamburger.

Namun tahukah anda jika selada memiliki varian jenis yang berbeda-beda? Tapi hanya beberapa varian saja yang dikenal oleh masyarakat luas di belahan dunia. Butterhead (Boston), crisphead (Iceberg), romaine, summer crisp (Batavia), dan selada cina adalah varian daripada sayuran selada. Selada identik dengan warna hijau di bagian daunnya dan manfaat selada sangat banyak sekali untuk kesehatan kita, namun tidak semua varian selada memiliki warna yang sama. Selada merah contohnya, warna yang dihasilkan diakibatkan oleh pigmen yang disebut antosianin. Pigmen tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk menghindari bahaya radikal bebas yang mengancam setiap harinya di sekitar kita.

Kandungan yang terdapat dalam selada merupakan sumber yang sangat membantu bagi vitamin k dan juga klorofil. Dengan kandungan tersebut kita mampu menjaga darah agar tetap bersih, tubuh dalam keadaan sehat dan selalu berfikir jernih. Selada juga kaya akan mineral karena terdapat unsur-unsur alkali yang sangat mendominasi.

Daunnya yang mengandung beta-karoten dan lutein memasok zat besi, vitamin c dan k, folat, dan serat bagi yang mengkonsumsinya. Selain itu selada juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin A, kalium, zeaxanthin, vitamin B6, serta asam folat likopen. Dari kandungan yang dimiliki oleh selada ini, Anda bisa membayangkan manfaat selada untuk kesehatan tubuh kita? Santai, disini kita akan membahas semuanya. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa dari sekian banyaknya varian selada yang berbeda-beda karena kita tahu bahwa sayuran ini memiliki kalori rendah namun mempunyai kandungan gizi yang berbeda pula. Adalah selada romain yang memiliki kandungan padat nutrisi dari varian lainnya serta terdapat sumber vitamin A, B1, B2, dan C, mangan, kromium, dan asam folat.

Manfaat Selada Untuk Kesehatan

10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan

Dari tulisan saya diatas sudah saya beritahukan kepada Anda tentang kandungan selada. Bagi Anda yang bergelut di bidang kesehatan, dari kandungan selada diatas Anda pasti tau donk manfaat selada itu apa saja. Nah bagi Anda yang belum tahu, kami akan sedikit memberikan informasi singkat mengenai manfaat selada.

Berikut adalah manfaat selada yang berhasil kami rangkum :

  1. Memulihkan jaringan
    Dikatakan dapat membantu memulihkan jaringan karena terdapat kandungan magnesium yang sangat penting bagi proses pemulihan saraf, jaringan, otak, dan otot kita. Selain membantu prosesnya juga mampu memperpendek masa pemulihan. Jika anda lelah selepas beraktifitas, daun selada bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi karena mampu mempercepat pemulihan otot-otot yang lelah, jaringan, dan saraf.
  2. Menstabilkan Berat Badan
    Diet sehat memang sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, selain rajin berolahraga teratur, mengkonsumsi daun selada juga mampu mengendalikan berat badan. Daun selada mengandung rendah kalori (hanya 1-50 gram/ porsi) dan juga banyak kandungan air didalamnya yang dapat mengendalikan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Sayuran hijau tersebut juga mengandung serat yang baik bagi tubuh.
  3. Menenangkan Gariah Seks
    Selada juga berperan bagi gairah seksualitas karena memiliki efek yang mampu menenangkannya, hal ini dibuktikan oleh para peniliti yang melakukan serangkaian uji coba di Universitas California. Meskipun masih diperdebatkan namun daun selada sering dianjurkan untuk dikonsumsi bagi pria yang menderita ejakulasi dini.
  4. Mencegah Kanker
    American Cancer Institute dan American Cancer Society menyebutkan bahwa sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A dan C mampu mencegah kanker tertentu. Kedua vitamin tersebut memang terkandung di dalam daun selada.
  5. Melawan Penyakit Tertentu
    Beta-karoten yang terdapat di dalam daun selada memiliki fungsi sebagai nutrisi untuk melawan berbagai penyakit tertentu seperti penyakit jantung, stroke, katarak, bahkan kanker.
  6. Meringankan Sakit Kepala
    Jika dikombinasikan dengan minyak mawar dalam olahan jus lalu ditempelkan pada dahi dapat membantu meringankan sakit kepala.
  7. Penyedia Nutrisi Melimpah Selama Kehamilan dan Menyusui
    Selada mengandung asam folat yang siap mengawal tubuh anda untuk mencegah anemia megaloblastik selama masa kehamilan. Jika dikonsumsi secara rutin bersama dengan bayam, asparagus, kacang polong, dan kembang kol dapat memberikan manfaat besar karena dapat menigkatkan asam folat atau vitamin B. Pada trimester terakhir kehamilan ketiga kehamilan kira-kira diperlukan sekitar 300-500 mcg vitamin ini. Asam folat juga dapat mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan dan terhindar dari anemia.
  8. Obat Insomnia
    Zat Lactucarium merupakan zat yang berfungsi untuk melawann insomnia, maka tidak heran jika seseorang terkena insomnia disarankan menyertakan daun selada pada porsi makanannya. Zat yang terkandung di dalam daun selada merupakan zat candu ringan dan terdapat pada hampir semua varian selada.
  9. Merawat Rambut Rontok
    Campuran jus daun selada dan bayam disarankan bagi anda yang memiliki permasalah dengan rambut rontok.
  10. Membantu saat Sembelit
    Daun selada terbukti mampu mengobati gangguan pada asam lambung, katarak, peredaran darah, kolitis, dan arthtritis. Sayuran ini juga dapat membantu usus bergerak lebih mudah karena mengandung serat.

Daun selada memang sering dijadikan sebagai pelengkap makanan. Namun jika dilihat dari kandungan serta manfaat selada tersebut, daun selada rupanya patut dijadikan menu utama dalam makanan sehari-hari.

Artikel kesehatan tentang manfaat sayur-sayuran, tepatnya manfaat selada ini saya cukupkan sampai disini. Apabila Anda memiliki pertanyaan tentang manfaat selada ini, silakan Anda isi kolom pertanyaan yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya disini. Kami sudah mempublish informasi tentang manfaat buah jeruk bagi kesehatan disini. Ada fakta yang belum Anda ketahui tentang buah jeruk, bahwa sebenarnya buah jeruk bukanlah buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi.

Terimakasih & Semoga Bermanfaat
— Manfaat Selada Dalam Lalap & Salad —

Tags: