Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil – Jambu biji memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh kita. Tak terkecuali untuk ibu hamil. Pada saat mengandung, ibu memerlukan asupan nutrisi beberapa kali lipat dibandingkan sebelum mengandung. Hal ini dimaksudkan agar ibu dan calon bayi tetap berada dalam kondisi sehat dan berstamina. Disamping melakukan olahraga ringan, rasanya mengkonsumsi buah biji tidak ada salahnya, mengingat buah yang satu ini kandungan nutrisi melimpah.

Dalam setiap 100 gramnya, terdapat vitamin A 25 SI, vitamin B1 0,02 miligram, vitamin C 87 miligram, hidrat arang 12,2 gram, zat besi 1,1 gram, fosfor 28 gram, air 86 gram, lemak 0,3 gram, kalori 49 kal, protein 0,9 miligram, serta kalsium 14 miligram. Kandungan alami tersebut sangat berperan penting dalam perkembangan usia janin dan kesehatan bagi ibu.

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil dan Janin

Jambu biji ini tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis termasuk Indonesia dan Thailand. Buah ini dikenal juga dengan jambu batu, jambu klutuk, atau jambu siki. Psidium guajava (jambu batu) memiliki buah berwarna hijau segar disertai dagingnya yang merah atau putih dan rasanya asam manis. Bagi masyarakat luas, buah ini populer dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Buah yang ditanam dari hasil pencangkokan (vegetatif) ini juga banyak digunakan untuk mengobati penderita demam berdarah dengue (DBD). Bukan hanya itu saja, jambu biji bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diare. Direbus dengan 2 gelas air untuk kemudian disaring lalu diminum. Ramuan tersebut terbukti manjur mengatasi diare sekaligus melancarkan sistem pencernaan.

Inilah manfaat jambu biji untuk ibu hamil. Simak selangkapnya di bawah ini :

Hal yang sering dialami ibu hamil adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat dicegah dengan kandungan pectin melalui konsumsi buah jambu biji. Apabila makan buah ini, kolesterol dan asam empedu akan diikat yang kemudian akan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Bagi ibu hamil juga diperbolehkan mengkonsumsi dalam bentuk olahan minuman jus.

Selain itu, buah ini juga memiliki senyawa kalium yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tidak penanganan cepat pada tekanan darah tinggi, ini akan menyebabkan kelumpuhan dan stroke akibat tejadinya pembuluh darah yang pecah. Sementara dampaknya untuk kehamilan, ibu dan janin terancam gangguan kesehatan. Fatalnya akan berakibat pada kematian atau cacat lahir bawaan.

Kandungan di dalam jambu batu juga mencegah ibu hamil mengalami obesitas yang dapat mengakibatkan terganggunya proses persalinan. Kondisi ini juga mengganggu kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi jambu batu akan menjaga berat badan normal meski pada saat kehamilan.

Konsumsi secara rutin sekitar 500 gram selama empat minggu dipercaya mencegah resiko munculnya penyakit jantung. Selain mengurangi resiko penyakit tersebut, buah jenis ini juga memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk menghindari penyakit kekurangan darah (anemia).

Buah yang nikmat disantap menjadi sup buah ini merupakan sumber energi yang sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh dari aktifitas padat yang dapat menyebabkan kelelahan. Oleh sebat itu jika anda istirahat siang hari, pilihlah buah yang satu ini sebagai makanan penutup mulut.

Agar tidak mudah sakit, tubuh memerlukan asupan nutrisi seimbang guna menunjang aktifitas yang tidak mengenal waktu. Konsumsi secara teratur buah jambu biji akan berkhasiat untuk menjaga kekebalan sistem imun. Sehingga ibu tidak cepat lelah di masa kehamilan.

Jambu biji juga mengandung senyawa likopen, senyawa ini adalah karotenoid yang bisa juga disebut pigmen utama terletak di dalam darah dengan fungsi sebagai antioksidan yang tinggi. Likopen ini juga mampu melawan pertumbuhan sel kanker, untuk itulah mengapa buah jambu siki ini wajib dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat lainnya ialah sebagai penangkal virus yang sewaktu-waktu mengancam kesehatan di masa kehamilan. Dipengaruhi oleh kandungan tanin yang juga berkhasiat untuk melancarkan saluran cerna dan melancarkan aliran darah yang tersumbat.

Perempuan mana yang tidak ingin memiliki kondisi sehat saat kehamilan serta proses persalinannya. Tentu menjadi sesuatu yang berharga dapat mempertahankan kesehatan saat hami hingga memiliki bayi yang lahir secara normal dan sehat. Untuk mewujudkannya hanya cukup mengkonsumsi buah jambu secara rutin serta seseuai anjuran dokter, dan hindari aktifitas yang terlalu berat.

Itulah segelintir manfaat jambu biji untuk ibu hamil. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat jambu biji lainnya yang belum saya bahas di artikel ini. Hanya saja, saya cukupkan sampai disini dulu. Mudah-mudahan kedepannya saya bisa menulis kelanjutannya lagi mengenai manfaat jambu biji ini.

Baca juga manfaat kunyit untuk kecantikan kulit pasca melahirkan.

Terimakasih & Semoga bermanfaat
— Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil dan Janinnya —

Tags: