Manfaat Delima Dari Biji Hingga Kulitnya

Manfaat Delima Dari Biji Hingga Kulitnya Bagi Kesehatan – Delima dianggap sebagai super fruit karena semua bagian dapat memberikan manfaat serta khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak sedikit lho dari semua orang yang menjadikan salah satu buah ini sebagai pilihan alternatif dalam mengatasi atau menyembuhkan suatu penyakit. Hal ini juga diyakinkan oleh beberapa penelitian yang telah menggali manfaat delima ini. Khasiat yang bisa dirasakan dapat diperoleh mulai dari daging, biji hingga kulitnya. Jika Anda gemar minum jus, buah delima cocok untuk Anda coba.

Banyak kandungan berharga yang bisa kita peroleh dari manfaat delima. Diperkaya kandungan mineral yang terdiri dari kalium, fosfor, kalium, natrium, zat besi, dan juga magnesium. Selain buahnya, delima memang baik digunakan sebagai tanaman obat tradisional. Dari mulai biji, buah, bunga, daun, bahkan kulitnya pun bisa kita manfaatkan sebagai pengobatan alami. Pada bagian daging buah delima contohnya saja bisa mengatasi cacingan, perut kembung, sakit tenggorokan, suara serak, sering buang air kecil, dan juga hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Manfaat Delima Dari Biji Hingga Kulitnya

Beberapa Manfaat Delima Dari Biji Hingga Kulitnya

Manfaat kulit buah delima atau shi flu pi dipercaya memiliki khasiat alami mengobati susah buang air besar, diare, batuk darah, prolaps rektum, radang telinga, sakit lambung, keputihan pada wanita, wasir, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi tak mengherankan bila anda mengambil manfaat delima tanpa membuang kulit buahnya.

Kulit dari delima juga baik untuk mengatasi cacingan pada anak-anak anda. Rebuslah kulit delima di campur dengan bubuk biji pinang dan 3 gelas air. Selanjutnya tunggu hingga ramuannya mendidih. Diamkan sampai dingin, kemudian saring dan konsumsi minuman ini sekaligus. Ramuan obat cacingan ini sangat baik dikonsumsi sebelum sarapan pagi hari.

Akar Delima Mengobati Keputihan dan Cacingan

Dalam buku kesehatan tentang manfaat delima akarnya juga bisa diolah sebagai ramuan yang dapat mengobati penyakit keputihan pada wanita serta cacingan. Berikut ini cara memanfaatkan akar delima :

  1. Keputihan
    Kulit kering delima di rebus dan samboloto kering yang ditambahkan dengan 1 liter air. Diamkan sampai mendidih dan menyisakan air sekitar setengahnya dari takaran awal. Biarkan sampai air rebusannya dingin. Ramuan obat keputihan ini diminum pagi, siang, dan sore atau malam hari. Selain baik untuk di minum, air rebusannya juga bisa anda gunakan untuk mencuci alat vital kewanitaan.
  2. Cacingan
    Siapkan akar delima yang sudah dibersihkan sebelumnya. Potong menjadi beberapa bagian kecil. Tambahkan air sekitar 1 gelas dan rebus sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan minum sekaligus.
  3. Bunga pohon delima mengobati radang gusi dan luka serta pendarahan
    Akar, buah, biji, daun, dan bunga pohon delima merupakan komponen penting untuk memperoleh manfaat delima agar tubuh senantiasa sehat. Inilah manfaat bunga pohon delima itu :

    1. Radang gusi
      Ambil sekitar 7 kuntum bunga delima dan cuci sampai bersih. Rebus bersama segelas air dan biarkan sampai mendidih. Dinginkan dan pakai untuk berkumur.
    2. Luka
      Kombinasi antara kulit buah dan beberapa kuntum bunga delima yang di campur dengan minyak wijen bisa mengobati luka anda.
    3. Pendarahan
      Rabuslah bunga delima dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai menyisakan separuh dari takaran awal sebelumnya. Konsumsi air rebusan tersebut sebanyak 2 x sehari.

Manfaat delima terutama bijinya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, cacingan, menetralisir racun yang kita tidak sengaja konsumsi melalui makanan, dan demam. Masukkan serbuk biji delima yang sudah kering pada jus nanas. Konsumsilah secara teratur sewaktu perut anda belum terisi makanan apapun.

Demikian manfaat delima yang sangat baik untuk mengobati berbagai macam penyakit agar tubuh selalu tetap sehat. Kajian ini juga membuktikan bahwa bahan alami ternyata masih banyak yang bisa kita manfaatkan daripada harus selalu memeriksakan semua gejala penyakit melalui jalur pengobatan modern.

Semoga Bermanfaat dan Terimakasih
— Manfaat Delima Mulai Dari Biji Hingga Kulitnya —

Tags: