Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan – Durian belanda atau dikenal juga dengan sirsak merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Buah ini dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda ke Indonesia sekitar abad ke-19 walaupun asalnya bukan dari Eropa. Oleh sebab itu sirsak juga sering disebut sebagai nangka belanda.

Nama sirsak diambil dari bahasa Belanda, “zuurzak” yang memiliki arti kantung asam. tumbuhan jenis ini bisa tumbuh dimanapun ia berada, namun paling bagus jika tumbuh di daerah dengan sumber cairan yang melimpah. Maka tidak heran masyarakat di berbagai daerah di Indonesia membudidayakan secara komersial untuk dimanfaatkan daging buahnya dan diambil juga manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan (Kandungan Gizi)

6 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Buah asal Amerika ini menawarkan berbagai manfaat positif yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, mulai dari pohon, daun dan buahnya. Sudah banyak yang mengetahui bahwa buah ini memiliki kandungan tinggi vitamin C, serat dan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh kita sebagai manusia. Indonesia sendiri merupakan negara yang paling banyak menanam pohon buah sirsak. Namun kurangnya pemahaman serta pengetahuan membuat pemanfaatan buah ini hanya sebatas pada buahnya saja. Padahal manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita sangat baik sekali lho.

Namun setelah dilakukan penelitian, daun sirsak ternyata memang memiliki manfaat sebagai bahan pengobatan tradisional atau herbal serta menjaga daya tahan tubuh. Selain itu daun sirsak di klaim mampu menyerang sel kanker secara ampuh karena tidak mengganggu sel lainnya yang masih sehat, serta tidak menyebabkan rambut rontok dan mampu menurunkan berat badan.

Selain menyerang sel kanker, manfaat daun sirsak bagi kesehatan juga mampu membunuh berbagai sel-sel ganas meliputi 12 jenis kanker. Seperti kanker pankreas, payudara, usus besar, paru-paru, dan prostat. Daun sirsak juga membantu dalam hal menigkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghentikan adanya infeksi yang mematikan. Daun buah tropis ini juga meningkatkan energi di dalam tubuh serta mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan (Cara)

Berikut ini adalah tips yang sangat bermanfaat dari daun sirsak bagi kesehatan, lengkap dengan ramuan serta tata cara menggunakkannya. Selamat mengikuti.

  • Mengobati Bisul
    Tempelkan daun ini pada area yang terkena bisul. Langkah ini akan meredakan sakit serta mengurangi frekuensi peningkatan ke arah yang lebih parah.
  • Mengobati Rematik dan Eksim
    Dengan cara menumbuk daun sirsak hingga halus. Lalu tempelkan ramuan pada daerah yang mengalami eksim atau nyeri yang disebabkan rematik. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Sediakan 4 hingga 5 daun buah ini, rebus menggunakan 4 gelas air bersih dan biarkan sampai mendidih. Jika sudah tersisa 1 gelas, dinginkan untuk kemudian diminum 1 kali sehari.
  • Mengobati Sakit di bagian Pinggang
    Siapkan kurang lebih 15 sampai 20 helai dari daunnya untuk direbus. Rebus dengan menggunakan 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Kemudian minum 3/4 ramuan 1 kali dalam sehari.
  • Mengobati Asam Urat
    Ambilah 6 hingga 10 lembar daun sirsak. Daun sirsak yang dipilih adalah yang sudah tua tetapi masih berwarna hijau. Potonglah daun tersebut agar kandungan yang ada didalamnya benar-benar keluar. Kemudian rebus daun tersebut bersama 2 gelas air bersih dan diamkan sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.
  • Obat Anti Kanker
    Dengan cara merebus bersama 3 gelas air putih dan 10 lembar daun sirsak. Tunggu hingga mendidih dan tersisa hanya 1 gelas. Minumlah selama dua minggu dengan porsi 2 kali sehari atau sampai sembuh.

Penasaran dan ingin mencoba melakukan pengobatan alternatif atau herbal dengan menggunakan daun sirsak? Tips diatas bisa Anda praktekan di rumah. Bagi Anda yang mencoba tips diatas, saya ucapkan selamat mencoba dan semoga lekas sembuh dari penyakitnya serta diberikan kesehatan.

Baca juga artikel tentang makanan terbaik di pagi hari yang sudah kami post sebelumnya di sini. Disana Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi pagi hari. Kenapa? Karena sarapan pagi menentukan mood dan semangat Anda hari ini.

Tag : Khasiat Daun Sirsak, Manfaat Daun Sirsak Untuk Kista, Manfaat Daun Sirsak Untuk Wajah, Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Terimakasih & Semoga Bermanfaat
— Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Hidup Manusia —

Tags: