Manfaat dan Khasiat Ubi Ungu

Kebanyakan orang menganggap ubi adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat yang memicu terjadinya berat badan berlebih atau juga penyakit diabetes (kencing manis). Sebenarnya ada beberapa jenis ubi, namun yang diketahui secara umum oleh masyarakat hanya 2 jenis saja, yakni ubi berwarna kulit kecoklatan dan kuning di bagian dalamnya. Sedangkan ubi yang satunya lagi adalah berwarna orange. Kesemuanya ini bisa kita manfaatkan sebagai sumber makanan yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Benarkah khasiat ubi ungu yang ini memiiki khasiat yang seperti itu?

Sebagai sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi, ubi ungu memiliki khasiat dan manfaat yang bisa dirasakan oleh seluruh tubuh. Khasiat ubi ungu ternyata memiliki khasiat yang sama dengan wortel karena mengandung vitamin A juga dan bisa dikatakan terbaik. Hal ini dapat dilihat dari warna orange yang dipengaruhi oleh senyawa beta-karoten. Vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata, tulang, dan juga kulit. Ubi ungu juga menjadi penghasil zat antioksidan yang ampuh dalam menangkal radikal bebas, infeksi perut, saluran kandung kemih, dan infeksi terhadap paru-paru.

Manfaat dan Khasiat Ubi Ungu

Manfaat dan Khasiat Ubi Ungu

Kira-kira apa saja manfaat dan khasiat ubi ungu yang konon dipercaya kuat bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anda :

  • Sumber mineral dan vitamin
    Ubi ungu mengandung sekitar 65 persen vitamin C, zat besi, potassium, tembaga, vitamin B6, kalsium, dan mangan. Kandungan ubi ungu juga tinggi akan serat alami. Ubi ungu jika dikonsumsi dengan cara direbus bersama kulitnya akan memberikan kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan dengan mengkonsumsi 1 mangkuk oatmeal.
  • Mudah dicerna
    Ubi ungu mengandung kadar zat pati yang cukup tinggi yang bisa mengobati rasa sakit perut yang anda alami. Bagi yang sedang kesulitan buang air besar, khasiat ubi ungu mengandung serat yang mampu melancarkan proses BAB anda. Sedangkan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan potassiumnya dipercaya dapat meredakan radang di bagian perut.
  • Sumber karbohidrat
    Merebus atau mengukus ubi ungu akan menghasilkan rasa yang manis alami dengan kalori yang rendah. Kandungan glikemiks indeks ubi ungu juga sangat rendah dibandingkan dengan nasi atau roti sekalipun. Salah satu khasiat ubi ungu juga baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes dan kencing manis.

Ubi ungu sebenarnya bisa digunakan untuk membuat makanan seperti gorengan atau juga kolak. Sehingga dalam memperoleh khasiat ubi anda tidak akan merasa jenuh ataupun bosan. Ubi juga enak enak disajikan dengan minuman hangat seperti teh ataupun minuman tradisional seperti bajigur.

Itulah manfaat dan khasiat ubi ungu yang sudah kami rangkum di dalam artikel kesehatan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan mengetahui kandungan dari ubi ungu, anda lebih giat dan rutin mengkonsumsinya.

Terimakasih telah berkunjung ke website kesehatan ini dan menyempatkan untuk membacanya. Mohon saran dan kritik yang membangun untuk saya yang sedang belajar ini.

Baca juga artikel tentang manfaat anggur merah bagi kesehatan tubuh sehari-hari.

Semoga Bermanfaat dan Salam
— 3 Khasiat Ubi Ungu Bagi Kesehatan Tubuh —

Tags: