Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil – Ketika masa kehamilan menghampiri anda, saran untuk mengkonsumsi buah-buahan secara teratur menjadi hal yang sering didengar. Tak heran hal ini menjadi hal yang membingungkan karena mungkin ada yang mengatakan boleh atau tidak untuk mengkonsumsi suatu makanan dan buah-buahan. Pada masa kehamilan tentu memerlukan nutrisi yang tidak biasa ketimbang sebelum masa kehamilan. Akibatnya ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan makan makanan yang bergizi.

Makan buah-buahan memang sangat baik bagi ibu hamil, namun tidak sedikit buah-buahan yaang menjadi pantangan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Lalu bagaimana jika ibu hamil makan buah semangka? Buah semangka yang berbentuk bulat dengan ukuran bisa mencapai sebesar bola basket ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terlebih bagi ibu hamil. Karena buah semangka merupakan sumber makanan yang kaya kandungan energi, bergizi, dan sehat. Penasaran apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil ini? Baca terus artikel ini sampai akhir.

Buah semangka ini memiliki warna daging merah cerah, namun ada juga yang memiliki daging berwarna kuning segar. Buah semangka terdapat sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium dan magnesium. Selain itu, buah yang tumbuh merambat ini mengandung tinggi serat yang menjadi solusi bagi wanita yang mengalami masalah pada masa kehamilannya. Yuk, simak beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil di bawah ini.

6 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Di bawah ini akan kami uraikan sedikit informasi yang kami peroleh mengenai manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Berikut adalah uraian singkatnya:

  1. Menurunkan Resiko Kram Otot
    Pada masa kehamilan, tubuh wanita yang sedang hamil sering mengalami perubahan yang bermacam-macam. Adanya penambahan hormon dan berat badan membuat oto-otot serta tulang akan terasa sakit. Konsumsi buah semangka saat masa kehamilan membantu mencegah terjadinya kram otot dan mengatasi perubahan-perubahan tersebut.
  2. Mencegah Dehidrasi
    Masa kehamilan memang disarankan agar banyak mengkonsumsi air putih guna menghindari terjadinya dehidrasi. Karena apabila dehidrasi terjadi akan mengakibatkan bayi lahir secara prematur dan juga kontraksi prematur. Konsumsi buah semangka memang cara ampuh agar tetap terhidrasi karena lebih dari 90% mengandung air.
  3. Mencegah Pigmentasi
    Pigmentasi sering terjadi bagi ibu hami. Kondisi seperti memang menjadi satu momok menakutkan pada saat mengandung si jabang bayi. Semangka berfungsi menjaga pergerakan usus menjadi halus dan memudahkan sistem saluran pencernaan. Agar kulit tetap terasa halus ketika hamil, makan buah semangka akan membantu menjaga kulit anda tetap bersih.
  4. Mengurangi Morning sickness
    Bagi ibu hamil patut mencoba hidangan satu gelas jus semangka di pagi hari. Mengapa demikian? Karena kandungan gizi dan energinya membantu mencegah atau mengurangi terjadinya morning sickness. Jus semangka yang dikonsumsi pada pagi hari memberikan efek menyegarkan dan memberikan ketenangan sebagai awal bentuk semangat anda untuk mengawali hari.
  5. Mengurangi Masalah Saluran Pencernaan
    Efeknya yang adem bagi saluran pencernaan dan perut membuat buah jenis ini mampu mengurangi permasalahan yang muncul pada bagian pencernaan. Selain itu buah semangka juga membantu menjaga kesehatan ulu hati dan asam lambung.
  6. Menurunkan Pembengkakan
    Kondisi bengkak ringan yang terjadi pada tangan dan kaki biasa dikenal dengan nama edema. Kondisi ini sangat lumrah dialami pada saat kehamilan. Selain mencegah edema, buah tersebut juga mengandung air dengan kadar yang sangat tinggi. Hal ini akan mengurangi penyumbatan di otot dan pembuluh darah.



Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi secara belerbihan akan berdampak negatif bagi kesehatan bahkan oleh ibu hamil. Konsumsi buah semangka dalam jumlah berlebihan menyebabkan kadar glukosa menjadi lebih tinggi, akibatnya akan terjadi diabetes gestational. Selain itu, semangka juga berfungsi membersihkan berbagai zat dalam tubuh termasuk zat-zat penting lainnya. Karena tubuh sangat membutuhkan zat penting tersebut, maka konsumsilah buah semangka sewajarnya.

Inilah yang paling tepat bagi ibu hamil, selalu rutin untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain bis mengetahui perkembangan kehamilan anda, konsultasi dengan dokter juga memberikan rekomendasi terbaik.

Baca juga manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

Terimakasih Atas Perhatian dan Kunjungannya
— 6 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil —

Tags: