Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia...

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan – Hampir di seluruh daerah di Indonesia kita dapat menjumpai jenis buah yang satu ini. Memiliki bentuk lonjong berwarna kuning cerah di bagian kulitnya dan berwarna putih kekuningan pada bagian daging buahnya. Rasanya yang manis juga dijadikan alasan buah pisang banyak digemari oleh banyak orang. Selain buahnya yang enak, kita juga mengenal bagian jantung pisang. Ya, bagian yang satu ini bisa menjadi bahan masakan yang menjanjikan kenikmatan saat disantap. Bahkan di daerah Papua batang pisangnya menjadi bahan yang bisa dibuat masakan.

Selain itu, bagian daunnya sering dibuat untuk mengemas atau membungkus makanan tradisional. Rasanya yang lezat ternnyata menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pisang juga sangat baik untuk dicerna oleh ibu hamil karena terdapat nutrisi kalium dan asam folat bagi tumbuh kembang janin. Oleh karena itu Anda tidak boleh melewatkan artikel tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan yang kami posting ini. Kenapa? Silakan Anda baca kelanjutannya. Hehehe…

14 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Buah bermanfaat ini juga sebagai sumber cadangan nitrogen, fosfor, dan kalsium yang berkhasiat mempertahankan keutuhan serta regenerasi jaringan. Selain itu, kaya akan sumber vitamin dan mineral (vitamin B kompleks, zat besi, vitamin C, fosfor, magnesium, dan kalium).

Bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan, Anda telah menemukan blog yang tepat. Karena disini terdapat banyak informasi tentang manfaat buah-buahan, diantaranya adalah manfaat buah pisang ini. Pada artikel kali ini, ada 14 manfaat buah pisang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, agar Anda tahu bagaimana pentingnya mengkonsumsi buah-buahan terutama pisang setiap hari.

Ingin tahu apa saja manfaat buah pisang untuk kesehatan? Berikut beberapa informasi penting yang sayang untuk dilewatkan.

14 manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Untuk Ibu Hamil
    Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsinya. Hal ini karena di dalam kandungan pisang terdapat asam folat yang berperan penting dalam kesempurnaan janin serta pembentukan sel-sel baru dan terhindar dari cacat bawaan. Makan dua buah pisang membantu terpenuhinya asam folat sekitar 85 mikrogram yang diperlukan oleh tubuh. Kadar gula yang terkandung juga mencaegah terjadinya morning sick dan sangat cocok dijadikan cemilan.
  • Menurunkan Berat Badan
    Karbohidrat kompleksnya tidak akan meningkatkan kadar glukosa secara drastis. Selain karbohidrat, pisang juga mengandung rendah lemak yang sangat aman bagi anda yang saat ini sedang melakukan proses diet sehat. Namun, hindari buah ini dikonsumsi sebagai milk shake, kolak, dan pisang goreng. Dapat membantu lancarnya proses metabolisme yang berpengaruh mengurangi berat badan.
  • Mencegah Penyakit Jantung
    Karena mengandung vitamin C dan flavonoid sebagai antioksidan, buah ini membantu mencegah penyakit jantung dan proses oksidasi yang memicu terjadinya penyakit jantung. Serat pektinnya membantu menurunkan kolesterol dan kalium dalam pusing sangat baik untuk kesehatan jantung.
  • Mengatasi Anemia
    Makan buah ini dua biji dalam seharinya dapat membantu kita mengatasi masalah anemia atau kekurangan darah.
  • Mengatasi Hipertensi
    Selain baik bagi jantung, kandungan kaliumnya ternyata memiliki peranan penting untuk menghindari penyaki darah tinggi (hipertensi). Kalium membantu mengatur seimbagnya cairan elektrolit agar tekanan darah stabil. Selain itu, kandungan seratnya akan mengikat lemak yang menempel sehingga akan mencegah naiknya tekanan darah.
  • Melancarkan Proses Buang air Besar
    Langkah pengobatan alami melalui media konsumsi buah pusing dapat melancarkan proses metabolisme atau buang air besar. Karena dapat membantu proses pembuangan yang tersisa dalam proses metabolisme dalam tubuh.
  • Mengurangi Sakit Saat Haid
    Atasi masalah rasa sakit pada saat haid dengan buah pisang. Mengokonsumsi buah ini membantu mengurangi nyeri saat menstruasi atau haid.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Sebagai sumber makanan kaya akan vitamin A, B6, dan C, buah pisang berpotensi melawan infeksi sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Hal ini membantu anda terhindar dari rasa cepat lemas dan selalu segar.
  • Mengatasi Gatal dari Gigitan Nyamuk
    Oleskan bagian dari kulit buah ini pada kulit yang terasa gatal akibat gigitan nyamuk. Hal ini bisa mengurangi efek rasa gatal yang dirasakan.
  • Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak
    Aliran oksigen ke otak dapat dilancarkan oleh kandungan potasium yang terdapat di dalam buah pisang. Tubuh juga tercegah dari penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.
  • Menyembuhkan Luka Bakar
    Haluskan buah pisang, kemudian oleskan pada area kulit yang terkena luka bakar. Karena dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Sumber Energi
    Buah pisang kaya kandungan karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Nutrisinya membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tampil prima beraktivitas sehari-hari.
  • Kaya akan Serat dan Vitamin
    Dibandingkan dengan apel, buah pisang memiliki kandungan karbohidrat 2 kali lipat serta vitamin 5 kali lipat lebih banyak.
  • Meningkatkan Mood
    Mengkonsumsi buah yang satu ini juga bisa membuat mood anda bergairah kembali. Suasana hati lebih stabil dan terus berfikir positif sepanjang hari.

Itulah 14 manfaat buah pisang untuk kesehatan yang berhasil kami rangkum. Ingatlah selalu untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Karena dalam buah-buahan terdapat banyak vitamin dan manfaat yang mampu menjaga bahkan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Artikel tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan ini saya cukupkan sampai disini. Baca juga artikel kami yang lainnya, diantaranya adalah manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit. Disana ada tata cara mengolahnya juga lho.

Terimakasih & Semoga Bermanfaat
— Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan —

Tags: