Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia...

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan – Rasanya yang manis dan memberikan efek segar di mulut ini sudah pasti anda juga mengenalnya. Ya, ini adalah buah pepaya. Buah yang berasal dari negara Meksiko ini tumbuh subur di daerah tropis tak terkecuali Indonesia. Buah ini dapat dijadikan olahan masakan sayur jika masih dalam keadaan mentah (kulit masih berwarna hijau muda atau pekat). Tetapi jika sudah matang dengan ciri-ciri kulit luar berwarna kuning, dimakan langsung menjadi pilihan praktis bagi anda yang menyukainya.

Selain nikmat dilidah, ternyata buah pepaya kaya akan sumber vitamin, mineral dan juga enzim. Carica papaya nama latin dari buah ini, memberikan nutrisi berharga yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi tersebut yaitu vitamin A (beta karoten), vitamin B kompleks, vitamin C sebagai antioksidan kemudian flavonoid, pentotenat dan asam folat. Dari kandungan nutrisi tersebut, sudah terbayangkan apa saja manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh kita ini?

5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Selain kandungan nutrisi yang sudah disebutkan diatas, rupanya pepaya memiliki jenis nutrisi lainnya yakni kalium, magnesium, serat dan mineral. Tidak heran apabila buah pepaya dikategorikan sebagai buah yang bermanfaat serta memiliki khasiat penting bagi kesehatan. Apa saja manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang dapat kita rasakan dari buah pepaya ini ? Simak selengkapnya di bawah ini :

  1. Obat Awet Muda
    Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat awet muda. Kadar vitamin C yang dimiliki buah pepaya ini 48 kali lebih kuat dibandingkan buah apel. Sehingga buah jenis ini mampu leluasa dalam membantu proses metabolisme pada kulit. Selain itu buah pepaaya juga bisa melunakan lapisan kulit serta zat penuaan yang muncul di bagian pori-pori kulit, sehingga kulit akan terasa kencang dan sehat. Terdapatnya detoksifikasi yang merangsang kulit tampak segar dari dalam.
  2. Melangsingkan Tubuh
    Didalam buah pepaya ditemukan enzim papain yang berfungsi mempercepat proses cerna protein pada tubuh. Enzim tersebut bertugas memecah protein menjadi arginin, kemudian mengurai makanan sehingga tercipta beragam asam amino dan protein. Hal ini memudahkan bagi tubuh dalam penyerapannya.
  3. Mencegah Resiko Penyakit Jantung
    Buah pepaya bisa mencegah oksidasi kolesterol yang nantinya menyebabkan penyakit jantung melalui nutrisi yang dikandungnya. Hal ini terjadi ketika kolesterol teroksidasi sehingga menempel pada bagian dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan plak, lalu terjadi serangan jantung bahkan stroke. Buah pepaya ini juga dianjurkan bagi penderita diabetes karena mengandung rendah gula.
  4. Sebagai Antioksidan
    Tingginya vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (karotenoid) mempunyai peranan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Senyawa tersebut berguna mencegah dan menangkal radikal bebas sebagai penyebab munculnya kanker. Antioksidan juga memiliki peranan dalam mencegah penyakit hipertensi karena adanya proses oksidasi kolesterol yang menempel pada bagian dinding arteri.
  5. Mengencangkan Payudara
    Enzim yang dimiliki oleh buah pepaya ini berperan dalam tumbuhnya payudara sehingga akan terlihat mengencang dan juga kenyal. Hormon pengencang dan vitamin A ini yang merangsang indung telur dan pengeluaran hormon wanita sehingga bisa mengeluarkan hormon betina. Dari hormon itulah kelenjar susu menjadi semakin lancar dan terbentuk payudara yang ideal.

Itulah 5 manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang berhasil saya rangkum. Sekedar tambahan informasi bagi Anda yang sulit BAB, sangat dilancarkan untuk mengkonsumsi buah pepaya. Karena buah pepaya dapat melancarkan BAB. Tapi bagi Anda yang sedang menderita (maaf) mencret, saya anjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah pepaya terlebih dulu.

Bagi ibu hamil, Anda bisa membaca artikel mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil di postingan sebelumnya, karena kami sudah memposting artikel tersebut sebelum artikel ini di publish.

Terimakasih Atas Kunjungannya & Semoga Bermanfaat
— 5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Pencernaan Tubuh —

Tags: