Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil – Jus alpukat memang nikmat sekali untuk dinikmati kapan saja, apalagi ketika cuaca panas, jus alpukat campur es lebih nikmat lagi. Hehehe… Selain nikmat, alpukat juga memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan. Nah, artikel kali ini saya akan mencoba menulis tentang manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Menurut informasi yang saya peroleh, katanya alpukat ini mengandung asam folat tinggi yang baik untuk janin dan mampu menurunkan resiko bayi Anda terlahir cacat.

Asam folat atau lebih dikenal dengan vitamin B9, merupakan salah satu vitamin yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks. Nah, vitamin B kompleks ini mampu larut di dalam air dan karena sifatnya itu, vitamin B kompleks tidak bisa tersimpan lama di dalam tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah alpukat ini, karena pada masa kehamilan ibu hamil memerlukan asupan asam folat yang banyak. Asam folat ini bisa memproduksi dan menjaga kesempurnaan RNA dan DNA di dalam tubuh.

Pentingnya Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Banyak ahli yang berpendapat bahwa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil itu banyak sekali dan sangat dianjurkan untuk banyak memperoleh asam folat yang berasal dari buah-buahan segar dan dari sayuran segar. Bagi yang suka sayur, lebih baik Anda menghindari sayuran yang dimasak terlebih dulu, karena seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa vitamin B kompleks tidak bisa tersimpan lama dalam tubuh. Oleh karena itu saya sarankan untuk mengkonsumsi sayuran jenis lalab/lalap.

Asam folat yang terkandung dalam buah alpukat adalah yang paling baik dan paling direkomendasikan oleh para peneliti. Tapi perlu diingat juga bahwa buah alpukat ini selain memiliki rasa yang hambar dan cenderung agak pahit, alpukat juga memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Jadi ketika mengkonsumsi buah alpukat ini, pastikan Anda tidak berlebihan. Kenapa? Karena sesuatu yang berlebih biasanya kurang baik dan agama pun menyarankan seperti itu. Hehehe…

Meskipun kadar lemak yang terkandung pada alpukat ini hampir 30x lipat dari jumlah kandungan lemak yang ada pada buah-buahan yang lain, tapi kadar lemak yang terkandung dalam alpukat ini merupakan kadar lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan bisa menaikan kolesterol HDL.



Jadi, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini bukan hanya asam folatnya saja. Tetapi kadar lemak yang terkandung dalam alpukat ini bisa menjadi supply energi bagi ibu hamil yang sering merasa kelelahan atau memerlukan energi lebih untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Peneliti dari Amerika pernah mengatakan bahwa usia kandungan ibu hamil dalam tri semester pertama merupakan masa yang paling penting, yaitu pembentukan sistem syaraf otak dan sumsum tulang belakang. Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang kekurangan asam folat akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti gangguan jantung, bibir sumbing, gangguan saluran kemih dan cacat anggota tubuh lainnya.

Selain kurang baik untuk bayi, kekurangan asam folat pada saat kehamilan pun akan berdampak kurang bagus untuk ibu hamil. Gangguan yang akan ibu alami adalah seperti susah tidur, mudah terkena anemia, letih, jadi pelupa, mudah depresi dan warna rambut berubah. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena janin/bayi yang kekurangan asam folat akan mengambil nutrisi cadangan dari ibunya. Jadi itulah alasannya mengapa ibu hamil mengalami gangguan seperti itu.

Artikel mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini saya cukupkan sekian. Saya pribadi mohon maaf apabila ada salah-salah kata dalam penyampaian informasi ini kepada Anda. Silakan isi kolom komentar dibawah ini apabila ada yang kurang jelas atau ingin Anda tanyakan.

Baca juga artikel mengenai pentingnya mengetahui manfaat push up untuk kesehatan tubuh.

Terimakasih Atas Kunjungannya & Semoga Bermanfaat
— Pentingnya Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil —

Tags: