Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Manfaat Blewah Untuk Kesehatan...

Manfaat Blewah Untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Blewah Untuk Kesehatan? – Blewah termasuk ke dalam buah-buahan sejenis dengan melon. Nama ilmiahnya adalah Curcumis melon yang juga masih satu famili dengan mentimun atau timun dan labu karena kemiripan akan pohonnya yang tumbuh secara merambat pada tanaman lain. Buah ini jika dikonsumsi akan memberikan efek dingin jika suhu tubuh atau keadaan perut sedikit agak panas. Blewah umumnya dikonsumsi sebagai campuran pada sebuah minuman segar. Namun tidak sedikit juga yang membuatnya menjadi olahan kolak seperti halnya labu.

Di samping bagian dagingnya yang bisa kita gunakan sebagai olahan baik minuman atau makanan, manfaat blewah ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Blewah diperkaya dengan kandugan nutrisi yang melimpah sehingga cocok dijadikan sebagai minuman berkhasiat.

Kandungan buah blewah terdiri dari vitamin, serat alami, gizi, dan mineral yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitaminnya terdiri dari vitamin A yang mencukupi sekitar 68 persen yang dibutuhkan oleh tubuh dan sekitar 61 persen akan kebutuhan vitamin C atau sekitar 36,7 mg. Tak mengherankan apabila manfaat blewah sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Blewah Untuk Kesehatan

Manfaat Blewah Untuk Kesehatan

Manfaat blewah untuk kesehatan juga diperkaya oleh kandungan mineral kalium yang dapat mencukupi sekitar 8 persen akan kandugan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara nutrisi folat nya mampu memenuhi kebutuhan sekitar 5 persen setiap harinya.

Berikut ini 11 manfaat blewah untuk kesehatan yang harus anda ketahui :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
    Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah blewah berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh suatu penyakit. Hal ini juga diperkuat oleh kandungan beta-karoten yang bisa dikonversi menjadi zat antioksidan yang ampuh dalam menghalau penyakit.
  • Menjadikan mata lebih sehat
    Kesehatan mata anda akan semakin terjaga melalui kandungan vitamin A pada blewah yang tergolong tinggi.
  • Menjaga kesehatan gusi
    Kondisi gusi dan mulut anda juga akan semakin membaik karena peranan dari vitamin C yang tinggi.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Kedua kandungan dari vitamin A dan vitamin C sangat baik dalam memelihara kesehatan kulit. Vitamin A bertugas mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga agar kulit tetap sehat. Sedangkan vitamin C berperan membantu sistesis kolagen. Manfaat blewah terbukti ampuh untuk membuat kulit anda tampil lebih cantik secara alami.
  • Mengurangi kadar kolesterol
    Selain manfaat blewah baik bagi kulit, ia juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah yang akan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular melalui vitamin C nya yang tinggi. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan menguatkan dinding kapiler.
  • Melancarkan saluran pencernaan
    Mengkonsumsi blewah juga akan melancarkan saluran pencernaan sekaligus mencegah infeksi terhadap saluran kemih dan memelihara kesehatan pada saluran urin. Khasiat ini didapat dari kandungan serat makanan dan vitamin A pada manfaat blewah.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
    Kandungan vitamin C juga bekerja untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengobati insomnia
    Insomnia adalah gejala susah tidur yang dialami pada seseorang. Atasi gejala buruk ini dengan mengkonsumsi blewah karena ia mengandung obat tidur yang disebabkan oleh sifat sedatif.
  • Mencegah penyakit kanker rahim
    Penyakit kanker rahim disebabkan oleh kondisi dimana seseorang kekurang beta-karoten, asam folat, dan vitamin C. Ketiga nutrisi hebat ini dapat anda peroleh dari manfaat blewah untuk kesehatan.
  • Sebagai makanan baik bagi ibu hamil dan janin
    Karena kandungan asam folatnya lah mengapa buah blewah menjadi makanan yang baik bagi ibu hamil khususnya janin. Fungsinya blewah ini bagi ibu hamil adalah untuk membantu dalam memproduksi sel-sel baru dan bagi pertumbuhan janin agar tumbuh secara optimal.
  • Rendah gula
    Buah blewah ternyata dikaruniai oleh kandungan glikemiks rendah, glukosa, dan fruktosa yang tergolong sebagai gula alami sederhana. Ini artinya manfaat blewah juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita sakit kencing manis atau diabetes, obseitas, dan asam urat.

Itulah manfaat blewah untuk kesehatan di dalam artikel seputar kesehatan pada kesempatan kali ini. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda sekalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk mengunjungi dan membaca apa yang saya bahas di atas. Saran, kritik dan pertanyaan dari Anda kami tunggu.

Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa
— 11 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit —

Tags: