Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan...

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan – Buah belimbing wuluh atau sering disebut juga belimbing sayur ini dikenal dengan nama ilmiah Averrhoa bilimbi L. Anda dapat menjumpai buah yang satu ini tumbuh di setiap pekarangan rumah atau juga di kebun belakang. Rasanya yang asam kerap dijadikan sebagai penambah rasa asam untuk masakan, campuran minuman, rujak, dan penyedap makanan (sayur asem). Bentuk dari belimbing jenis ini ditandai dengan bulat lonjong berwarna hijau cerah di sekeliling kulit luarnya.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan – Buah belimbing wuluh atau sering disebut juga belimbing sayur ini dikenal dengan nama ilmiah Averrhoa bilimbi L. Anda dapat menjumpai buah yang satu ini tumbuh di setiap pekarangan rumah atau juga di kebun belakang. Rasanya yang asam kerap dijadikan sebagai penambah rasa asam untuk masakan, campuran minuman, rujak, dan penyedap makanan (sayur asem). Bentuk dari belimbing jenis ini ditandai dengan bulat lonjong berwarna hijau cerah di sekeliling kulit luarnya.

Kenapa saya menuliskan artikel dengan judul manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan? Karena belimbing wuluh mengandung vitamin C yang tinggi dan berguna untuk menjaga stamina kita agar tetap kuat sehingga terhindar dari gangguan berbagai penyakit. Dengan kandungan vitamin yang tinggi, buah ini juga dianugerahi kelengkapan mineral yang baik. Buah ini juga seringkali dijadikan sebagai jalan pengobatan herbal melalui bagian bunga, daging dan daunnya.

Daun buahnya dapat mengobati gondongan, rematik dan sakit perut. Sedangkan bagian bunganya mampu mengobati sariawan dan batuk. Selain itu buah belimbing wuluh juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit diabetes dan juga jerawat. Namun, khasiatnya yang begitu lengkap, rasanya semua orang pasti rela mengkonsumsinya, walaupun rasa asam yang didapatnya nanti. Jadi jangan sesekali meragukan kandungan belimbing wuluh ini karena rasanya ya boss… Hehehe…

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh

Buah belimbing wuluh mengandung senyawa hebat yang dibutuhkan tubuh. Serat, kalsium, zat besi, protein dan fosfor adalah sekian dari banyaknya kandungan yang dimiliki oleh buah jenis ini. Tetapi, buah belimbing wuluh ini jangan hanya dijadikan sebagai bahan masakan saja, lihatlah beberapa tips atau manfaat belimbing wuluh di bawah ini jika anda mengkonsumsinya.

Berikut adalah 10 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang berhasil kami rangkum:

  1. Mengobati diabetes
    Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mengobati diabetes. Gunakanlah sedikitnya 6 buah belimbing wuluh yang dihaluskan terlebih dahulu. Lalu rebus bersama satu gelas air sampai mendidih dan tersisa hanya setengah gelas saja. Tunggu sampai suhunya mendingin dan minumlah dua kali satu hari. Konsumsi secara rutin dan hindari makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.
  2. Mencegah hipertensi
    Yang kedua, manfaat belimbing wuluh adalah mampu mencegah dan mengobati hipertensi. Untuk mengobati darah tinggi dengan buah belimbing wuluh, pertama-tama siapkan 3 buah belimbing ini lalu potong menjadi 3 bagian. Rebuslah potongan buah tadi dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai menyisakan hanya satu gelas saja. jika sudah dingin, saringlah dengan menggunakan kain bersih dan minumlah sesudah sarapan pagi.
  3. Mengobati sakit gigi
    Mengobati sakit gigi secara tradisional dan alami sangatlah mudah dilakukan. Caranya adalah dengan mencuci bersih terlebih dahulu buah belimbing ini agar higienis. Kemudian kunyah belimbing wuluh tersebut dengan garam secukupnya. lakukanlah cara ini hingga rasa sakit pada gigi menghilang. Itulah manfaat belimbing wuluh ketiga yang berhasil kami dapat.
  4. Mengobati penyakit gondongan
    Sediakan sekitar 10 ranting daun yang masih muda dicampur dengan 4 bawang merah. Kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk sampai halus. Oleskan ramuan ini pada bagian yang terasa sakit.
  5. Menyembuhkan penyakit panu
    Penyakit yang tumbuh pada bagian kulit ini memang tidak menyebabkan kematian, hanya saja penyakit panu ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan seseorang. Jika anda mengalami penyakit jenis ini, obati dengan segera dengan menggunakan buah belimbing wuluh. Caranya yaitu dengan menyediakan 10 buah bersama dengan kapur sirih. Tumbuk hingga halus. Setelah itu aduk hingga merata. Pakai ramuan ini pada bagian kulit yang terkena panu dengan cara dioleskan. Lakukanlah 2 kali sehari hingga panunya menghilang.
  6. Mengobati jerawat
    Bukan hanya mengobati sariawan saja, belimbing wuluh juga dapat mengobati jerawat. Ambilah 6 buah belimbing wuluh dicampur dengan setengah sendok teh serbuk belerang. Giling agar campuran ini menghasilkan tekstur halus. Lalu tambahkan jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan. Balurkan ramuan tersebut pada area wajah yang berjerawat secara rutin sebanyak 3 kali sehari.
  7. Mengobati sariawan
    Bagi anda yang tidak nyaman karena gangguan sariawan, kini tidak perlu khawatir lagi karena belimbing sayur ini akan menyembuhkan bagian luka pada area mulut anda tersebut. Dengan menyiapkan 3 buah belimbing, 1 buah pala, 10 helai daun belimbing, 3 butir bawang merah, adas 3/4 sendok teh, dan pulosari. Semua bahan tadi ditumbuk halus untuk kemudian dicampur dengan minyak kelapa sebanyakk 3 sendok makan. Saring dan balurkan pada area mulut yang terkena sariawan.
  8. Obat batuk mujarab
    Belimbing sayur juga mampu mujarab mengobati batuk, caranya ialah mengambil bagian daun, buah, dan bunganya. Kemudian cuci bersih dan direbus bersama 4 gelas air serta gula batu sampai tersisa tinggal 2 gelas saja. Setelah itu, saringlah dan minuma sebanyak 2 kali sehari secara teratur.
  9. Mengobati batuk pada anak
    Buah ini memang memiliki kedasyatan dalam hal mengobati batuk. Nenek moyang kita seringkali menggunakan belimbing sayur sebagai obat anti batuk pada anak. Bahan-bahan yang digunakan hanya segenggam belimbing sayur, adas, gula, dan segelas air. Semua bahan ini ditim sekitar 1 jam atau juga lebih. Setelah siap untuk digunakan, jangan lupa disaring terlebih dahulu dan dapat diminum langsung 2 kali sehari.
  10. Mengobati rematik
    Untuk anda yang mengalami gejala sakit rematik dan sudah pernah berobat modern namun tak kunjung sembuh, tidak usah cemas karena belimbing sayur akan membantu menyembuhkan penyakit rematik anda. Siapkan sekitar 100 gram daun muda yang masih segar, cengkeh 10 butir, dan merica sebanyak 15 butir. Kesemua bahan ini dicampur dengan cuka lalu digiling sampai halus. Aduklah hingga merata hingga menyerupai adonan bubur. Balurkan bahan tersebut pada bagian tubuh yang sakit akibat rematik.

Itulah 10 manfaat buah belimbing wuluh untuk kesehatan yang berhasil saya kumpulkan. Jujur, saya pribadi merasa masam sekali ketika memakan buah ini. Tetapi kalau dicampur dengan bumbu yang lain, seperti bumbu untuk rujak, belimbing wuluh ini lumayan segar lho untuk dinikmati di siang hari. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati khasiat buah belimbing wuluh ini, silakan nikmati tambahkan dengan rujak. Dijamin maknyooss… Hehehe…

Artikel mengenai manfaat belimbing wuluh ini saya cukupkan sampai sini. Apabila ada pertanyaan silakan Anda isi kolom pertanyaan dibawah ini. Jangan lupa baca juga artikel kesehatan kami yang lainnya, diantaranya adalah manfaat kunyit untuk penderita hepatitis C.

Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila banyak kata yang kurang berkenan di hati Anda.

Semoga Bermanfaat- Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh Manusia –

Tags: