Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua...

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Makanan sehat untuk ibu hamil – Asupan makanan bergizi serta nutrisi vitamin tinggi sangat diperlukan bagi wanita hamil guna menjaga kesehatannya beserta janin yang dikandungnya. Seperti diketahui bahwa ibu hamil memang rentan terhadap beberapa jenis penyakit. Pilihan bagi ibu hamil biasanya lebih pada aktifitas olahraga ringan dan senam kehamilan. Karena dengan melakukan kedua hal tersebut akan menentukan proses persalinan nanti dan kondisi bayi pada saat dilahirkan. Namun, itu saja sebetulnya kurang maksimal. Karena wanita juga harus mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil supaya nutrisi dan gizi terpenuhi setiap hari. Dengan demikian, persiapan untuk melahirkan nanti sudah disiapkan matang-matang melalui makanan sehat untuk kehamilan disertai olahraga seimbang.

9 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Contoh Makanan sehat untuk ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa makanan yang termasuk ke dalam makanan sehat untuk ibu hamil sebagai jalan terbaik dan tepat dijadikan nutrisi ibu hamil.

  •  Telur

Telur adalah salah satu sumber makanan sehat untuk ibu hamil. Dimana didalamnya terdapat kandungan kolin dan lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu kesehatan otak dan pertumbuhan bayi. Manfaat telur juga untuk mencegah cacat tabung saraf. Jadi, tunggu apalagi segeralah catat menu makan berupa telur di buku khusus kehamilan anda.

  •  Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber makanan sehat dengan protein tinggi dan lemak omega-3. Kandungan dari ikan salmon sangat baik bagi perkembangan ibu hamil. Selain itu, ikan salmon ini juga memiliki rendah mercury yang aman dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Apabila seorang wanita mengkonsumsi jenis ikan yang mengandung mercury tinggi, kemungkinan akan menyebabkan gangguan pada sistem saraf bayi. Manfaat makan salmon juga jangan terlalu berlebihan, cukup sebanyak 12 ons saja setiap minggunya agar terhindar dari bahaya mercury.

  • Kacang

Khasiat kacang memang tidak diragukan lagi untuk kesehatan ibu hamil. Buncis merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat baik dalam hal kandungan serat dan protein yang dimilikinya. Jadi tidak heran apabila jenis kacang bermanfaat ini cocok dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil. Ketika ibu hamil, sistem saluran pencernaan akan sedikit melambat. Sehingga berpotensi memicu adanya gejala sembelit dan wasir. Dengan manfaat serat alami pada kacang, permasalahan tersebut bisa diatasi secara efektif.

  • Ubi jalar

Ubi jalar ternyata memberikan manfaat yang nyata bagi kesehatan anda. Warna orange-nya diakibatkan karena karotenoid, suatu pigmen yang dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Tubuh akan mengkonversi menjadi vitamin A apabila ketika memerlukannya saja, jadi mengkonsumsi khasiat ubi jalar sangat membantu dalam menjaga kesehatan kehamilan. Ubi jalar juga mengandung serat, vitamin C, dan folat.

  • Walnut

Sama halnya dengan ikan atau telur, walnut juga mengandung omega-3 yang sangat penting bagi tumbuh kembang otak bayi anda. Manfaat walnut merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung sumber nabati omega-3 yang tinggi.

  • Yoghurt Yunani

Pernah mendengar khasiat yoghurt Yunani ? Karena memang asing di telinga sebagian orang ibu hamil. Pada dasarnya, yoghurt Yunani mempunyai kandungan protein lebih tinggi daripada yoghurt biasa yang selama ini anda gemari. Semua jenis yoghurt memang baik dikonsumsi karena mengandung kalsium yang bagus, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Konsumsilah yoghurt secara teratur sebagai makanan sehat untuk ibu hamil yang ampuh memenuhi kebutuhan kalsium baik untuk anda maupun bayi.

  • Sayuran

Bayam atau sayuran berwarna daun hijau lainnya sangat penting untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk wanita hamil. Kandungan vitamin C, A, K, dan folat sangat bermanfaat demi kelangsungan pertumbuhan bayi di dalam janin. Nah setelah bayi lahir, dianjurkan juga untuk memberikan 5 buah manfaat bagi bayi.

  • Daging tanpa lemak

Carilah daging yang kandungan lemaknya rendah atau bisa juga lemak yang sudah dipisahkan sebelumnya. Karena daging merupakan sumber makanan kaya akan protein tinggi, tidak heran banyak ibu hamil yang menfavoritkannya. Dalam hal ini anda harus dituntu jeli, sebab memilih daging merah tanpa lemak sangatlah sulit.

  • Buah-buahan

Buah-buahan berwarna hijau, kuning, orange, merah, dan putih merupakan jenis buah untuk ibu hamil dan termasuk makanan sehat untuk ibu hamil. Setiap warna pada buah-buahan tentu saja mewakili tingkat vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda-beda. Kelebihan mengkonsumsi khasiat buah-buahan adalah bayi akan mencoba makanan yang anda konsumsi pada cairan ketuban saat fase akhir kehamilan anda. Dengan demikian, ketika bayi dilahirkan ia akan mengetahui beberapa rasa buah-buahan yang telah anda makan.

Itulah informasi mengenai menu makanan untuk ibu hamil yang bisa anda manfaatkan dalam menjaga kesehatan saat kehamilan. Selain itu, jenis-jenis makanan di atas sangat baik juga untuk dikonsumsi sebagai makanan ibu hamil muda. Sangat berkhasiat bukan ? Semoga artikel kesehatan di atas dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Terimakasih.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa
— 9 Makanan sehat untuk ibu hamil muda —

Tags: