Gejala Penyakit Kencing Manis Berdasarkan Tipe 1 dan 2

Gejala Penyakit Kencing Manis – Yang dimaksud diabetes melitus atau kencing manis adalah kondisi akibat kadar gula di dalam darah mengalami peningkatan yang disebabkan adanya gangguan pada keseimbangan metabolisme tubuh. Sehingga organ pankreas tidak mampu secara maksimal untuk menghasilkan hormon insulin sesuai keperluan tubuh. Kandungan glukosa sangat penting bagi tubuh karena sebagai sumber energi pokok bagi jaringan dan otot.

Apabila seseorang dengan gejala penyakit kencing manis atau diabetes melitus, itu artinya kandungan glukosa di dalam tubuhnya melampaui jumlah batas normal. Hal ini akan menyebabkan fase dimana penyakit ini disebut diabetes kronis. Penyakit kencing manis kronis dibagi menjadi diabetes tipe 1 dan 2. Secara umum, gejala yang sering dialami ialah seringnya buang air kecil, mudah mengantuk, badan lemas, dan sering merasa lapar dan haus.

Gejala Penyakit Kencing Manis atau Diabetes Melitus

Penyakit Kencing Manis atau Diabetes Melitus Bisa Sembuh

Sebenarnya gejala penyakit kencing manis sangat bervariasi tergantung jenis apa yang dialami dan kemingkinan tidak terdapat gejala sama sekali. Berikut variasi yang dimaksud :

  • Prediabetes = Kandungan kadar gula darah tinggi namun masih belum dikategorikan bahwa ini penyakit diabetes melitus.
  • Gestational diabetes = Kadar gula meningkat pada masa kehamilan berlangsung.

Gejala Penyakit Kencing Manis Tipe 1 (Anak-Anak)

Mengetahui gejala peyakit kencing manis tipe 1 pada usia anak-anak yang masih belia seringkali membuat anda kesulitan karena tidak ubahnya disalah artikan dengan gejala flu. Gejala tersebut baru disadari ketika penyakit telah berkembang lebih lama. Gejala penyakit kencing manis tipe 1 adalah sebagai berikut:

  1. Sering minum
    Anak-anak sering mengeluarkan banyak cairan, hal inilah mengapa mereka jadi sering merasa haus kemudian minum.
  2. Sering berkemih
    Hal ini dapat terjadi karena organ ginjal membersihkan berlebihnya kandungan glukosa di dalam aliran sirkulasi darah. Akibatnya anak akan sering mengalami buang air kecil dalam frekuensi yang tidak normal. Banyak kencing juga pertanda dari diabetes, apalagi diketahui sebelumnya jarang mengompol.
  3. Kurang berat badan
    Kurangnya kinerja tubuh untuk mencerna glukosa menjadi energi, memecah cadangan lemak dan otot untuk menghasilkan energi bagi sel-sel tubuh. Inilah yang menyebabkan berat badan anak tidak bertambah meskipun nasfu makannya normal.
  4. Gampang lelah
    Kadar glukosa tidak diserap secara sempurna untuk dijadikan energi oleh tubuh. Akibatnya anak akan cepat merasa lelah.

Gejala Penyakit Kencing Manis Tipe 2

Pada gejala penyakit diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada semua usia baik tua maupun muda. Namun, tipe ini ternyata dapat dicegah sedini mungkin. Berikut adalah beberapa gejala penyakit kencing manis tipe 2:

  1. Luka cenderung sukar untuk sembuh
    Luka yang sulit sembuh merupakan dampak dari kerusakan dari pembuluh darah dan juga kesemutan. Rusaknya pembuluh darah memberikan rasa tidak sakit sama sekali pada penderita diabetes apabila terjadi luka, bahkan tidak menyadarinya sama sekali. Maka luka yang tadinya kecil akan membesar secara perlahan hingga berbentuk seperti borok sampai membusuk. Jika kondisinya sudah seperti ini, amputasi adalah satu-satunya jalan untuk mengobatinya.
  2. Menurunya berat badan secara drastis
    Cepatnya berat badan hilang karena organ pankreas telah mengalami kerusakan cukup parah. Organ pankreas berfungsi untuk memproduksi insulin sesuai keinginan daripada tubuh yang akan diubah menjadi energi utama. Maka terjadilah resistensi insulin, dimana pankreas gagal untuk mengolah gula jadi energi. Alhasil tubuh akan menjari jalan keluar dengan membakar persediaan lemak di dalam tubuh. Apabila persediaan lemak habis, tubuh akan berpindah memanfaatkan otot menjadi sasaran selanjutnya. Hasilnya, berat badan penderita penyakit kencing manis akan mengalami penurunan cukup hebat.
  3. Kesemutan
    Gejala lainnya adalah seringnya mengalami kesemutan. Karena pembuluh darah rusak, sehingga pada ujung-ujung saraf yang dialiri darah menjadi terhambat atau berkurang.

Gejala Penyakit Kencing Manis Pada Wanita

Kencing manis tidak hanya menyerang para pria saja. Wanita pun beresiko terkena penyakit ini. Dan untuk Anda para wanita, sebaiknya Anda ketahui apa saja gejala penyakit kencing manis yang dapat menyerang Anda. Gejalanya adalah sebagai berikut:

  1. Kadar kolesterol lebih tinggi dibandikan pada pria
  2. Sering mengalami depresi atau stres, hal ini juga salah satu pemicu diabetes muncul.
  3. Aliran darah tersumbat yang mengakibatkan adanya gangguan pada fungsi hormon.
  4. Wanita yang menderita penyakit kencing manis biasanya rentan terserang infeksi jamur atau bakteri. Khususnya di daera organ intim mereka karena kondisinya yang cukup lembab.
  5. Keseimbangan hormon akan sangat mudah terganggu yang berakibat pada sistem reproduksi.
  6. Keputihan yang muncul secara berulang-ulang karena telah terinfeksi walaupun sudah mendapatkan perawatan intensif.

Penyakit diabetes melitus pada wanita memang seringkali tidak disadari keberadaannya. Apabila gejala-gejala di atas anda alami, lekaslah untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Penyebab Penyakit Kencing Manis atau Diabetes

  • Diabetes tipe 1

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melawan virus dan bakteri. Namun pada penderita diabetes tipe 1 malah menyerang insulin. Situasi membuat anda akan sulit mendapatkan asupan insulin. pada penyakit diabetes tipe 1, gula akan mengalami penumpukan di dalam darah.

  • Diabetes tipe 2

Pada diabetes tipe 2, sel akan menjadi lebih resisten terhadap hormon insulin. Sehingga organ pankreas tidak sanggup atau tidak cukup lagi memproduksi insulin bagi tubuh. Penyebab pastinya sampai saat ini memang masih tanda tanya, namun lemak yang tinggi disinyalir menjadi penyebab yang kuat.

  • Gestational diabetes

Wanita hamil di dalam tubuhnya terdapat plasenta yang menghasilkan suatu hormon sebagai penopang kehamilannya. Hormon tersebut ternyata lebih resisten terhadap insulin. Seiring usia kehamilan menginjak 2 atau 3 bulan, hormon yang dihasilkan pun sama-sama bertambah karena plasentannya juga mengalami pembesaran.

Faktor pemicu diabetes

  • Faktor pemicu diabetes tipe 1
    Faktor genetika atau keturunan kemungkinan sangat berpengaruh besar pada diabetes tipe 1 selain disebabkan oleh virus.
  • Faktor pemicu diabetes tipe 2
    • Sikap pasif
      Minimnya menggerakan anggota tubuh akan membuat lemak di dalam tubuh ana tidak terbakar. Karena jika terjadi aktifitas fisik, akan membantu dalam mengatur seberapa jumlah komsumsi kadar glukosa yang nantinya dijadikan sebagai energi utama.
    • Lemak yang tinggi
      Semakin tinggi kandungan lemak di dalam tubuh, maka akan semakin tinggi bagi insulin untuk melakukan resistensi.

Selain itu, semakin menurunnya tingkat aktifitas seseorang juga sangat berpengaruh karena usianya yang semakin tua. Bagi wanita, siklus tidak teraturnya menstruasi (Polycystic ovary syndrome) juga patut diperhatikan sebab dianggap memiliki resiko penyakit kencing manis ini hinggap. Sementar untuk penyakit lain yang dikaitkan dengan diabetes biasanya adalah penyakit kolesterol dan hipertensi.

Lalu muncul pertanyaam, bagaimana sih caranya mencegah penyakit diabetes melitus atau kencing manis ini?

Bagi penyakit diabetes tipe 1, memang tidak dapat kita cegah. Namun bagi diabetes tipe 2 cukup dengan menerapkan gaya serta pola hidup yang sehat. Yakni dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, lakukan aktifitas yang aktif melalui olahraga teratur dan makanlah makanan yang lemak dan kalorinya rendah. InsyaALLAH kesehatan Anda akan lebih baik.

Dan inilah penjelasan yang telah saya rangkum agar mudah dipahami mengenai gejala penyakit kencing manis. Semoga apa yang telah kita jalani selama ini termasuk kedalam gaya hidup yang sehat. Sebab, anda tahu sendiri di jaman serba teknologi dan telekomunikasi modern seperti sekarang ini kita dipermudah dalam melakukan segala macam hal. Akibatnya kita kurang dalam bergerak di saat bekerja dan dimanjakan dengan makanan cepat saji yang sangat praktis namun tidak memiliki khasiat sama sekali.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan seputar permasalahan penyakit yang mengancam keselamatan kita semua. Salam sehat !

Baca juga manfaat buah kiwi untuk kesehatan.

Semoga Bermanfaat
— Gejala Penyakit Kencing Manis atau Diabetes —

Tags: