Gejala Penyakit Herpes Kulit

Gejala Penyakit Herpes Kulit – Herpes kulit terjadi disebabkan karena adanya infeksi virus terhadap kulit secara eksogen (infeksi virus herpes simpleks primer) dan endogen (rektivasi infeksi varisel). Ruam terhadap infeksi virus sistemin seperti eksantem subitum eirtema infeksiosum, rubela, dan rubeola sangat umum dialami oleh seseorang.

Kulit yang terinfeksi mikrobakteri (swimmers granuloma) umumnya disebabkan dari spesies yang tidak memiliki kemampuan untuk tumbuh pada suhu tubuh seseorang. Gejala herpes erupsi kulit sebab adanya inflamasi yang tampak seperti vesikel berukuran kecil yang diakibatkan oleh virus herpes.

Infeksi virus akan menimbulkan vesikel yang terletak pada kulit serta membran mukosa dan ditandai dengan sifat latensi dan rekurensi atau sering kambuh pda keesokan harinya. Herpes kulit juga sering dianggap sebagai peradangan di kulit dengan terbentuknya gelembung-gelembung secara berkelompok. Gelembung tersebut berisi seperti air di dasar peradangan. Ada dua kategori penyakit herpes kulit, yaitu herpes simpleks dan herpes zoster.

Gejala penyakit herpes kulit merupakan suatu penyakit yang timbul karena virus dengan ditandai bintik-bintik transparan pada satu jalur sesuai saraf yang diserangnya. Biasanya herpes kulit banyak diakibatkan oleh herpes simpleks 1 atau HSV-1. Herpes kategori ini biasanya menyerang bagian kulit yang sensitif yakni bibir, tangan, bahkan kulit bagian kelamin.

Di negara Amerika setidaknya ada 90% orang yang terkena penyakit herpes kulit. Paling banyak adalah menyerang orang dewasa dengan tidak adanya tanda-tanda atau gejala yang diketahui secara pasti.

Seseorang yang terserang penyakit herpes kulit akan mengalami suatu kondisi dimana virus tersebut tidak aktif kembali serta tidak menular terhadap orang lain. Tetapi, virus herpes kulit akan muncul sewaktu-waktu kapan saja dan dimana saja serta dapat menular kepada orang lain. Bahkan kemunculannya tidak menunjukan gejala sedikitpun sama seperti luka.

Penyakit herpes kulit sangat dominan dalam penyebaran virusnya melalui telepon genggam, peralatan makan, handuk, gelas, bersentuhan tangan, berciuman, dan berpelukan.

5 Gejala Penyakit Herpes Kulit

Kenali 5 Gejala Penyakit Herpes Kulit

Ada 5 gejala penyakit herpes kulit yang dapat Anda kenali dan Anda lihat secara fisik. Selain itu, Anda juga dapat mengenali herpes kulit ini dengan cara melihat gejalanya sebagai berikut:

  1. Gejala herpes umumnya muncul dalam rentang waktu 8 hari sesudah mengalami demam.
  2. Terjadi pembengkakan pada kelenjar seperti pada kelenjar getah bening.
  3. Mengalami kesemutan pada area yang terdapat virus herpes kulit.
  4. Timbul lepuhan seperti gelembung yang berisi carian terutama pada bagian kulit yang terserang virus dengan disertai kulit yang kemerah-merahan.
  5. Herpes kulit secara umum masih dalam tingkat yang ringan dan biasanya akan sembuh paling lama selama 10 hari.

Jenis dan Gejala Penyakit Herpes Kulit

Ada 2 jenis penyakit herpes kulit ini. Yang pertama disebut dengan herpes zooster dan yang kedua disebut dengan herpes genitalis.

  • Herpes Zooster

Suatu jenis penyakit herpes kulit yang banyak dialami. Penyebab penyakit ini adalah infeksi virus Varicella Zooster. Gejalanya ditandai dengan munculnya cairan serta lepuhan berbentuk gelembung merah kecoklatan di kulit. Herpes zooster biasa menyerang pada bagian kulit perut.

  • Herpes Genitalis

Herpes kulit genitalis sering disebut juga herpes simpleks. Penyebabnya adalah karena melakukan hubungan intim secara tidak wajar dan kurang sehat. Dari semua jenis penyakit herpes kulit lainnya, jenis herpes kulit inilah yang paling sukar untuk diobati. Karena sulit untuk disembuhkan, biasanya akan kambuh dalam rentang waktu di kemudian hari meski sudah dinyatakan terbebas dari virus herpes tersebut. Penyakit ini sering menyerang pada bagian organ vital atau area sekitarnya.

Bagaimana virus herpes ini sampai menular?

Penyebabnya karena infeksi dari virus. Biasanya terdapat kontak dengan si penderita yang telah terinfeksi atau melakukan hubungan intim dengannya. Metode pengobatan penyakit herpes kulit ini melalui pemberian obat famciclovir, paracetamol, desiclovir, dan jenis obat lainnya dengan tujuan mengurangi rasa nyeri yang timbul. Selain itu, obat tersebut juga berfungsi untuk menurunkan demam yang diderita. Namun, apabila sudah terlanjur ke tingkat yang lebih parah, sebaiknya bawalah penderita ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Cara mengobati penyakit herpes kulit

Adapun cara pengobatan tradisional yang cukup ampuh untuk melawan serangan dari virus herpes kulit ini. Dengan menggunakan daun sanjo. Pertama-tama haluskan daun sanjo tersebut, kemudian oleskan pada bagian kulit yang muncul herpes. Lakukanlah cara ini hingga herpesnya mengering.

Mencegah penyakit herpes kulit

Selain menghindari beberapa penyebab virus herpes kulit menyerang, menjaga kebersihan khususnya pada daerah yang terinfeksi. Kemudian hindari hubungan intim yang tidak sehat dan tidak wajar meskipun sudah menggunakan alat kontrasepsi. Yang terakhir adalah selalu mencuci bersih sesering mungkin untuk menghindari terjadinya bersentuhan tangan dengan orang yang terinfeksi virus ini. Ingat, kesehatan adalah segalanya.

Artikel mengenai gejala penyakit herpes kulit ini saya cukupkan sekian. Mohon maaf apabila ada banyak kesalahan dalam penulisan artikel ini. Apabila ada yang kurang faham, silakan Anda tanyakan kepada kami dengan cara mengisi form pertanyaan yang kami sediakan dibawah ini.

Baca juga 6 makanan yang sehat bagi penderita diabetes. Terbukti aman, alami dan menyehatkan.

Tags: