Mohon tunggu, sedang memuat informasi tentang Cara Membersihkan Telinga Dengan Nyaman dan Bersih...

Cara Membersihkan Telinga Dengan Nyaman dan Bersih

Cara membersihkan telinga – Sebagai alat indera pendengaran bagi manusia, telinga merupakan salah satu organ vital yang sangat selalu dibutuhkan kondisi kesehatannya. Karena telinga merupakan organ yang berada di luar tubuh, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan secara teliti agar tidak melukai organ tersebut. Karenanya, anda harus benar-benar memperhatikan bagaimana cara membersihkan telinga yang baik dan benar.

Cara Membersihkan Telinga Yang Baik dan Benar

Beberapa Cara Membersihkan Telinga

Menjaga kesehatan telinga agar senantiasa sehat merupakan kewajiban utama di dalam kehidupan kita. Berbagai upaya seperti mencari obat sakit telinga yang tepat tentu adalah salah satu yang akan anda lakukan demi menjaga struktur telinga berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Hindari Mengorek Telinga

Kebiasaan dari masyarakatnya adalah cara membersihkan telinga dengan mengorek-ngoreknya. Padahal hal tersebut menyalahi aturan dan dapat berakibat fatal bagi gendang telinga anda dan menyebabkan telinga sakit. Gendang telinga normal memiliki tampilan yang mengkilat. Jadi berhati-hatilah ketika mengorek-ngorek telinga anda, karena keasyikan salah-salah bukan bersih tetapi akan menyebabkan luka.

  • Bersihkan telinga bagian luar

Jika ingin membersihkan telinga, lebih baik bersihkan saja bagian luarnya. Cukup dengan menggunakan kapas bersih agar daun telinga tampat bersih dan sehat. Sebetulnya telinga bagian dalam memiliki sifa alamiah untuk mendorong kotoran yang menempel sehingga tidak perlu dibersihkan. Jika mengorek adalah cara membersihkan telinga sebagai jalan pilihan anda, resiko untuk kotoran tersebut masuk kembali sangatlah besar.

  • Rutin melakukan pemeriksaan

Cobalah untuk mengunjungi klinik dokter THT. Karena dengan cara membersihkan telinga melalui bantuan dokter spesialis akan membantu membersihkan kotoran di telinga bagian dalam lebih aman.

  • Telinga sebenarnya jangan terlalu bersih

Ketika mendengar telinga anda tidak perlu bersih, mungkin sedikit heran karena anda menginginkan bagian dalam telinga bersih. Namun, hal ini justru tidak baik sebab di dalam rongga telinga terdapat serumen yang berfungsi untuk melumasi telinga serta berguna untuk menyaring debu atau kotoran yang masuk melalui rongga telinga bagian dalam. Serumen inilah yang akan membuat debu tersebut dan secara alami mendorongnya keluar. Cara membersihkan telinga seperti ini memang aneh tapi memang begitulah faktanya.

  • Perawatan pribadi

Apabila anda bersikeras untuk membersihkan telinga, cukup membasuh dengan air bersih pada saat sedang mandi. Kemudian keringkan dengan handuk lembut secara perlahan-lahan. Cara membersihkan telinga juga bisa dengn menggunakan kapas yang dilumuri baby oil atau minyak kelapa yang telah dipanaskan sebelumnya. Tetapi sebaiknya cara tersebut hanya dilakukan seminggu satu kali saja.

Maka dari itu jagalah fungsi telinga agar cara kerja telinga berjalan dengan baik, hindari juga penggunaan headset dengan volume keras karena dapat merusak telinga. Sekian informasi mengenai tips dan cara membersihkan telinga secara alami.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyempatkan untuk membaca artikel kesehatan ini. Simak juga artikel tips kesehatan lainnya di website ini, salah satunya adalah 9 cara merawat gigi agar gigi tetap sehat, kuat dan bersih sepanjang hari.

Sampai Berjumpa Lagi di Artikel Selanjutnya
— Cara membersihkan telinga yang baik dan benar —-

Tags: